Tuesday, June 28, 2011

Merenunglah dan Bersyukurlah

setiap manusia seharusnya selalu mengingati nikmat yang Allah karuniakan kepada anda. karena nikmatNya telah meliputi dari ujung rambut hingga kedua telapak kaki, kesehatan badan, keamanan negara, hutan belantara, udara dan air, serta masih banyak lagi lainnya adalah nikmat yang telah diberikan Allah kepada anda.

.... sekiranya kalian menghitung-hitung nikmat Allah, niscya kalian tidak akan mampu dapat menghitungnya... (ibrahim:34)
demikian besar nikmat Allah yang telah dianugerahkan kepada anda. Dunia ini, beserta apa yang ada didalamnya telah diciptakan Allah untuk anda, tetapi anda tidak pernah menyadarinya; anda menguasai kehidupan, tetapi tidak pernah mengetahuinya.

... Dia telah memberikan nikmat-nikmatNya secara sempurna kepada kalian, baik zahir maupun batin ...(Luqman:20)

Anda telah diberikan sepasang mata, satu lidah,dua bibir, dua tangan dan dua kaki.

maka nikmat Tuhan manakah yang layak anda dustakan (Arrahman :13)

apakah anda mengira bahwa, berjalan dengan dua kaki itu merupakan sesuatu yang biasa, padahal masih banyak manusia yang tidak mempunyai kaki? Apakah anda mengira bahwa berdiri tegak diatas kedua betis itu merupakan sesuatu yang mudah, padahal masih banyak manusa lain yang kehilangan kedua betisnya? Apakah anda merasai nikmatnya tidur dengan memejamkan kedua mata, sementara masih banyak manuda lain yang tidak dapat tidur karena sakit yang dialaminya? pernahkah anda merasa nista ketika dapat menjamu makanan yang lezat dan minuman yang sejuk, sementara masih banyak orang lain yang tidak dapat makan dan minum hanya karena penyakit yang mereka derita?

Renungkanlah ! berapa besarnya fungsi pendengaran, dimana menjauhkan anda dari ketulian; penglihatan anda akanter hindar dai kebutaan; ingatlah kulit anda yang cantik yang terhidar dai penyakit gatal dan kudis. perhatikanlah fungsi otak anda! Allah memberikan kesehatan akal sehingga terhidar dari Akal yang gila dan menghinakan. apakah anda ingin menggantikan mata anda dengan emas sebesar gunung Uhud? maukah anda menjual pendengaran anda seharga seharga satu bukit? Apakah anda mahu membeli istana-istana yang menjual tinggi dengan lidah anda, namun anda bisu? apakah anda mahu menukar kedua tangan anda dengan butiran dan berlian, tetapi anda tidak mempunyai tangan?
 
anda sebenarnya telah meraup kenikmatan yang tiada terhitung dan kesempurnaan jasmani, tetapi sayangnya anda tidak menyadarinya. Bahkan, anda hidup dalam ketidakpastian dan terperangkap dalam kesedihan, padahal anda masih memiliki roti yang segar untuk disantap , air yang segar untuk diteguk, dapat tidur dengan nyenyak, dan kesehatan anda yang stabil.
Anda seringkali memikirkan sesuatu yang telah hilang, sehingga anda lupa mensyukuri apa yang di hadapan anda. Anda merasa sedih karena serba kekurangan, padahal anda masih memiliki kunci kebahagian, memiliki banyak kebaikan, kenikmatan, dan masih banyak yang lainnya. Oleh karena itu, renungkanlah dan bersyukurlah !


pada diri kalian juga terdaapt tanda-tanda kekuasaan Allah. Apakah kalian tidak memperhatikannya (Adz-Dzariyat: 21)
Lihatlah diri Anda, Keluarga, tempat tinggal, pekerjaan, kesehatan, sahabat, dan lihat dunia sekeliling anda. dan janganlah masuk didalam golongan:


Mereka mengetahui bahwa nikmat yang berasal dari Allah, tetapi mereka mengingkarinya (An-nahl:83)

No comments:

Post a Comment